Rabu, 19 Desember 2018

Makalah Debat Tentang "Langjah- langkah debat dan Metode Debat


MAKALAH
LANGKAH DAN METODE DISKUSI
Ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Tekhnik Debat Dan Wawancara
Dosen Pengampu : Aryani


Disusun Oleh :
Rofif Syuja’ Mu’tasyim (2016070123)
Herlin (2016070373)
Dinda Putri Larasati (2016070466)

PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS PAMULANG
2018
KATA PENGANTAR
 Puji syukur kami  panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah hingga selesai. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan materi maupun pikirannya.
       Harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Dan untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
       Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
           


Pamulang, 05 November 2018
Penulis









DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ..................................................................................
1.2  Rumusan Masalah .............................................................................
1.3  Rumusan Penelitian ..........................................................................
1.4  Manfaat .............................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
BAB III PENUTUP















BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di lingkup sekolah dibutuhkan berbagai variasi teknik yang harus dikuasai oleh seorang guru agar proses belajar yang tercipta di kelas menjadi lebih dinamis dan bernuansa interaktif. Selain itu, variasi teknik yang digunakan juga harus dapat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya dalam fase remaja sesuai dengan pedoman psikologi individu. Beberapa diantara tugas perkembangan tersebut menjadi landasan terciptanya metode pembelajaran kooperatif yang mengedepankan kerja sama dari para peserta didik sehingga tercipta nuansa kelas yang dinamis, interaktif, dan dapat menjadi faktor stimulan agar peserta didik dapat mengembangkan pola pikir yang kritis.
Hingga saat ini, terdapat berbagai macam model yang digunakan dari turunan metode pembelajaran tipe kooperatif. Salah satu dari model yang berkembang dan sering digunakan pada kegiatan belajar mengajar adalah diskusi, dalam upaya menumbuh kembangkan pola pikir kritis dan kemampuan kerja sama antar peserta didik dalam bentuk kelompok. Perkembangan model pembelajaran diskusi saat ini masih barlangsung, bahkan model ini diterapkan hingga menjadi jenis kompetisi antar pelajar.
1.1  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang pada subbab diatas, dapat diuraikan rumusan masalah sebagai berikut.
1.      Bagaimana langkah- langkah dalam diskusi?
2.      Bagaimana metode dalam diskusi?
1.2  Tujuan Penulisan
Tujuan dalam penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui sedikit banyak mengenai langkah- langkah dan metode dalam diskusi
1.3  Manfaat Penulisan
Manfaat dari penulisan ini bagi mahasiswa maupun pembaca untuk menambah pengetahuan. Selain itu, dapat juga menambah pengetahuan pembaca mengenai langkah- langkah dan metode debat.
BAB II
PEMBAHASAN

1.      Langkah- langkah Diskusi
Agar penggunaan diskusi berhasil dengan efektif, maka perlu dilakukan langkah- langkah sebagai berikut:
a.      Langkah Persiapan
Hal- hal yang harus diperhatikan dalam persiapan diskusi diantaranya:
-          Merumuskan tujuan yang akan dicapai, baik tujuan yang bersifat umum maupun khusus.
-          Menentukan jeni diskusi yang dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
-          Menetapkan masalah yang akan dibahas
-          Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan diskusi.
b.      Pelaksanaan Diskusi
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan diskusi adalah:
-          Memeriksa segala pesiapan yang dianggap dapat memengaruhi kelancaran diskusi.
-          Memberikan pengarahan sebelum dilaksanakan diskusi.
-          Melaksanakan diskusi sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan.
-          Memberikan kesempatan yang sama kepada setiap peserta diskusi untuk mengeluarkan gagasan dan ide- idenya.
-          Mengendalikan pembicaraan kepada pokok persoalan yang sedang dibahas.
c.       Menutup Diskusi
Akhir dari proses pembelajaran dengan menggunakan diskusi hendaknya dilakukan hal- hal sebagai berikut:
-          Membuat pokok- pokok pembahasan sebagai kesimpulan sesuai dengan hasil diskusi.
-          Me-review jalannya diskusi dengan meminta pendapat dari seluruh peserta sebagai umpan balik untuk perbaikan selanjutnya.
2.      Metode- metode Diskusi
a.      Pengertian metode diskusi
Menurut Girlstrap dan Martin (1975) dalam madjiono (1992) metode diskusi adalah suatu kegiatan dimana sejumlah orang membicarakan secara bersama- sama melalui tukar pendapat tentang suatu topik atau masalah, atau untuk mencari jawaban dari suatu masalah berdasarkan semua fakta yang memungkinkan untuk itu.
Menurut Karo- Karo (1984) dalam situs internet www.diskusi.com diakses tanggal 29 September 2012 bahwa metode diskusi adalah suaatu cara penyajian bahan pelajaran dengan menugaskan siswa/ kelompok pelajar melaksanakan percakapan ilmiah untuk mencapai kebenaran dalam rangka mewujudkan tujuan pengajaran.
Menurut kedua pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa metode diskusi adalah salah satu cara yang digunakan seorang guru dalam menyajikan bahan pembelajaran dengan pemberian masalah atau problem yang harus dijawab atau diselesaikan berdasarkan pendapat atau keputusan secara bersama.
b.      Tujuan Penggunaan Metode Diskusi
-          Melatih untuk mengutarakan pendapat di depan umum.
-          Mengajak untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan suatu masalah bersama.
-          Melibatkan seseorang untuk menentukan alternative jawaban yang tepat.
-          Memberikan kesempatan pada sisa untuk menyumbangkan ide dalam memecahkan masalah.
-          Melatih sseseorang untuk bekerjasama dalam membahas dan menyelesaikan suatu masalah.
c.       Kelebihan Metode Diskusi
-          Mengajarkan untuk berlatih mendengarkan perbedaan pendapat yang diutarakan oleh peserta didik yang satu dengan lainnya.
-          Membuat suasana pembelajaran lebih aktif dan hidup
-          Lebih percaya diri dalam berpendapat di depan umum serta menyampaikan ssebuah materi.
-          Mudah memahami materi yang dibahas
-          Menambah daya ingat dalam menyampaikan materi melalui metode ini.
d.      Kekurangan Metode Diskusi
-          Bagi orang yang belum terbiasa berbicara di depan forum, mungkin metode seperti ini dirasa lebih sulit.
-          Metode diskusi kurang efektif jika dilakukan dalam kelompok besar karena keterlibatan menjadi tidak maksimal.
-          Jika tidak diarahkan, metode ini dapat menimbulkan masalah antara satu org dengan lainnya jika mereka belum terbiasa menerima perbedaan pendapat.
-          Lebih cocok bagi yang menguasai materi. Jika tidak, akan ragu dalam mengutarakan pendapatnya.
-          Membutuhkan banyak waktu untuk berdiskusi daripada evaluasi
-          Kurang maksimal jika dilakukan di Sekolah Dasar karena kemampuan berbicara dan penguasaan materi yang kurang maksimal.













BAB III
PENUTUP
1.1  Kesimpulan
Menurut penjelasan diatas, bahwa langkah- langkah dan metode diskusi ini harus diperhatikan bagi yang ingin melakukan sebuah diskusi, bagaimana supaya diskusi berjalan secara baik dan lancar, harus mengetahui langka- langkah serta metode dalam berdiskusi.
1.2  Saran
Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam makalah ini, untuk itu penulis mengharapkan agar pembaca bersedia memberikan kritik dan sarannya yang bisa menjadi acuan atau pedoman untuk penulis agar lebih baik dalam pembuatan makalah.




















DAFTAR PUSTAKA


 www.Materiinside.blogspot.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar