Kamis, 20 Juli 2023

 

“Coretan Lama”

Sebelum saya memulai menulis ini, saya ingin seduh segelas kopi sebagai penambah inspirasi. Sambil berpikir mau menulis apa. Karena ketika otak mentok tanpa inspirasi, disitulah kopi menemani.

Di saat kondisi guru zaman sekarang ini, kok sepertinya tidak ada greget- greget amat ya. Pikiran aman, tapi dompet yang mulai tidak aman. Selain itu, beberapa hari ini saya juga mulai jarang membaca buku lagi karena memang padatnya aktivitas saya yang bikin saya lalai untuk membaca buku lagi.

Selain sibuk mengajar, saya juga suka travelling, yang entah hanya menemani teman saya melepas penat, atau memang dari diri saya yang memang penat. Setidaknya saya bisa menyempatkan waktu untuk tetap healing supaya tidak pusing. Memang terkadang ketika healing sedikit mengganggu aktivitas mengajar saya, tapi bagi saya sesekali tidak masalah. Tapi setidaknya saya ga pusing-pusing amat setelah healing itu.

Dalam situasi begini, memilih untuk healing demi menjaga kewarsan diri memang amatlah penting. Tak jarang guru yang pusing dengan masalah di rumah kemudian pelarian kepada siswa, kasihan sekali siswa yang berniat menuntut ilmumalah mendapat perlakuan yang tak semestinya dari guru. Saya pribadi, selama ini, lebih sering healing ketika pikiran telah pusing. Pelarian saya ke tempat yang bagi saya enak di pandang dan membuat fresh kembaliotak serta pikiran, dengan harapan setelah itu saya tetap fokus mengajar dan mendidik.

Kadang dalam kondisi pikiran lagi tidak karuan karena masalah yang lainnya, sangatlah berbahaya bagi kewarasan guru, efeknya bisa ke siswa, atau kerjaan yang semakin menumpuk karena enggan dikerjakan. Namun balik lagi ke masing-masing orang. Ada yang ketika pusing teap di rumah karena mau healing tapi ekonomi sedang pas-pasan, ada juga yang selalu menyisihkan sebagian gaji nya untuk melepas penat setiap minggu atau bulan. Itu hak masing-masing orang, tapi kalau saya pasti selalu menyisihkan dikit demi sedikit.

Dalam kondisi sebaliknya pun, saya saya pernah ketika lelah dengan aktivitas sehari-hari, hanya rebahan dan melakukan ibadah di rumah seharian. Saya bisa membantu ibu mencuci baju, mencuci piirng, dan kerjaan rumah lainnya. Yang bahkan bagi saya hal itu lebih meringankan tugas ibu di rumah. Karena kalau terlalu sering healing pun setelahnya saya punya kerjaan tambahan, yakni cucian kotor menumpuk.

Dulu, zaman saya sekolah, melakukan perjalanan demi melepas penat ketika liburan sekolah, entah ketika pertengahan tahun atau akhir tahun. Direncanakan satu minggu sebelum perpulangan, dengan rencana yang terbilang cukup matang di umur anak SMA. Mulai dari tujuan, kendaraan, berapa lokasi, hingga uang yang harus disiapkan. Kegiatan tersebut telah terlaksana semenjak saya duduk di bangku kelas satu SMA hingga kelas 3 SMA. Mulai dari eksplore wilayah Banten, hingga yang terjauh yakni ke Curug Cikaso, Sukabumi. Perjalanan yang cukup membuat pantat tepos dan lelah berkepanjangan, namun disuguhkan dengan keindahan yang luar biasa, seketika hilang lelah saya dan teman-teman.

Kepada anda, yang sering mengeluh pusing dan penat, saya sarankan untuk rehat sejenak dari rutinitasnya. Alam Indonesia sangat luas banget kok, di era modern ini, kalian bisa akses dengan sangat mudah dan tinggal memilih kok. Siapkan waktu, serta dana untuk menunjang semua itu. Allah selalu berikan pilihan. Kalau saja kesempatan itu Allah cabut, kalian bisa saja malah nambah kebingungan. Namun tak usah terburu-buru juga untuk langsung healing. Pastikan semuanya siap. Percayalah Allah pun tau mana tempat yang dibutuhkan oleh hamba Nya. Bahkan yang tak trduga sekalipun.

 

Pipitan, 21 Juli 2023

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar