Selasa, 20 Oktober 2020

ANALISIS LATAR DALAM NOVEL 5 CM KARYA: DONY DHIRGANTORO

 

 ANALISIS LATAR DALAM NOVEL 5 CM

KARYA DONY DHIRGANTORO

Rofif Syuja’ Mu’tasyim- Ruang 625

 

1.      Latar belakang

Cerita ini dimulai dari sebuah tongkrongan lima orang yang mengaku dirinya “manusia-manusia agak pinter dan sedikit tolol yang sangat sok tahu" yang telah kehabisan pokok bahasan pada waktu nongkrong sehingga akhirnya cuma bisa ketawa-ketiwi.

Mereka berlima adalah Arial, Riani, Zafran, Genta dan Lan. Arial adalah sosok yang paling handsem diantara mereka semua. Riani pakai kacamata ia adalah sosok yang cantik, cerdas dan seorang N-ACH sejati. Zafra, adalah seorang penyair yang kebanyakan bimbang dalam hidupnya. Lan, ia adalah tokoh yang paling gendut, subur diantara mereka dan kepalanya botak plontos. Genta ia dianggap “the leader", dengan badan yang ideal dengan rambut lurus yang berjambul.

Mereka semua sepakat, untuk entah beberapa kali nya, pergi kerumah Arial. Halaman rumah Arial yang cukup luas dan asri. Semuanya teringat, tiga tahun yang lalu ketika baru beranggotakan empat orang dan belum menjadi “Power Rangers".

Tiba-tiba ada yang berkata “ Mungkin sebaiknya kita ngga usah ketemu dulu", Genta mengalirkan kalimat pendek. “Kita bertemu lagi tanggal 14 agustus ya" Genta meyakinkan kawan-kawannya. “Pokoknya nanti aku bikin reminder buat tanggal 14 agustus di handphone. Tanggal 7 Agustus aku kasih tau planning nya aja lewat SMS, dimana kita akan bertemu," Lanjut Genta.

Pada tanggal 7 Agustus tepatnya pukul 09.00 pagi, Genta mengirim SMS kepada ke-4 temannya. “Selamat pagi semuanya, gue kangen banget sama kalian semuanya, sumpah !, tanggal 14 Agustus nanti kita bertemu di stasiun kereta api senen jam 02.00.persahabatan, cinta, mimpi, dan nasionalisme. Serta kutipan kata- kata mereka   “kita perlu kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya (genta), mata yang akan menatap lebih lama dariada biasanya (Ian), Leher yang akan sering melihat ke atas (ariel), lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja (riani), Hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya (zafran), serta mulut yang akan selalu berdoa (adinda).

Dengan demikian, novel 5 cm ini mengambil latar pegunungan sebagai sebuah petualangan bagi para pemuda yang merasa penat dengan kesibukan masing- masing di kota.

 

2.      Rumusan Masalah

Mengapa novel 5 cm memilih latar gunung sebagai tempat berpetualang?

3.      Landasan Teori

 

Landasan Teori Pengkajian data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori yang saling berkaitan. Teori ini dijadikan landasan dalam analisis dan pembahasan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Latar dan motivasi.

 

3.1  Latar

Latar adalah lingkungan yang melingkupi sebuah peristiwa dalam cerita, semesta yang berinteraksi dengan peristiwa- peristiwa yang sedang berlangsung. Latar dapat berwujud dekor seperti café di Paris, pegunungan di California, sebua jalan buntu di kota Dublin dan sebagainya. Latar juga berbentuk waktu- waktu tertentu (hari, bulan, dan tahun), cuaca, atau satu periode sejarah. Deskripsi- deskripsi latar kerap membuat jengkel pembaca karena mereka cenderung ingin langsung menuju inti cerita. (Robert Stanton, 2007:35).

 

 

3.1  Motivasi

Motivasi pada novel ini pada latar sebuah pegunungan memiliki sebuah motivasi yang luar biasa.

“Biarkan keyakinan mu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan mu. Dan setelah itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa…percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu". Kata yang diucapkan Zafran dengan penuh yakin.

 

1.      Pembahasan

Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas latar pegunungan yang ada dalam novel 5 cm

2.1 Latar gunung dalam novel 5 cm

Latar gunung yang diambil pada novel 5 cm ini, adalah gunung Mahameru. Dimana terdapat danau Ranu Kumbolo yang terkenal sebagai spot swafoto yang bagus, kemudian ada jalan cinta, yang konon ketika jalan jangan melihat kebelakang, kemudian ada oro- oro ombo, itu sebacam ilalang yang juga sering dipakai buat foto. Dan puncak yang tak bisa diragukan lagi keindahannya. Kemudian mereka jadikan gunung sebagai sebuah petualangan bersama teman- teman. Dengan mendaki mereka mampu melihat keegoisan teman- teman ketika perjalan meuju puncak, mereka merasa bosan dan ingin menghabiskan waktu luang untuk menikmati suasana pegunungan yang masih alami. Kemudian banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari sebuah perjalanan tersebut. Dimulai ketika tidak boleh melarang pantangan dalam gunung, mereka bisa tau bagaimana rasanya hidup di alam bebas,

Perbedaan yang paling menonjol adalah ketika mereka terbiasa hidup di kota, kemudian merasakan alam pegunungan yang jauh berbeda. Yang biasanya mereka menaiki lift menuju lantai ke atas, ketika mendaki menuju puncak butuh perjuangan. Ketika di kota padat dengan keramaian, ketika mendaki merasakan kesunyian

2.2  Hubungan antara latar gunung dengan persahabatan

Dalam analisis ini, hubungan antara latar gunung dengan persahabatan karena bagian dari perjangan. Perjuangan nya adalah menyatukan ego yang berbeda- beda. Apalagi ketika mendaki. Dalam persahabatan tentunya banyak ketidak cocokan. Dari situ masing- masing harus melakukan sesuatu supaya bisa saling menerima bukan hanya kebaikan, malainkan kekurangan yang bisa membuat pertentangan dengan apa yang kita ga suka.

Sahabat adalah mereka yang beranimempertaruhkan segala miliknya. Rentetan kejadian yang dialami secara bersamaan tentu telah membentuk gambar. Gambaran yang secara gamblang mengungkap sisi yang paling dirahasiakan sekalipun. Persahabatan dibangun harus dikuatkan dan dirawat untuk kebesaran jiwa, kesediaan yang ikhla dan menyediakan telinga sesering mungkin untuk mendengar.

 

 

3        SIMPULAN

            Dalam novel 5 cm latar pegunungan menjadi latar sebuah petualangan. Hal ini karena pegunungan dapat menjadi tempat untuk menguji adrenalin, menjadi salah satu tempat unutuk berlibur dengan sahabat hingga dapat mempererat hubugan persahabatan, dan sangat banyak diminati berbagai kalangan sebagai arti sebuah petualangan. Apalagi orang yang merasa penat dengan suasana perkotaan, apalagi dengan kesibukan sehari- hari yang membuat pikiran ingin merasakan refreshing.

4        SARAN

            Kalau ingin tau karakter seseorang. Cobalah  sekali- kali ajak mendaki, dan kau akan tau bagaimana karakter seseorang. Bagaimana sikapnya ketika melihat sampah disekitarnya, ketika melihat temannya kelelahan, ketika temannya hypo, ketika kekurangan logistic, dan lain sebagainya. Dan bagaimana kerjasama dalam mendirikan tenda, egoisnya dalam perjalanan menuju puncak.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar